Kamis, 29 Mei 2008

VAKSINASI

VAKSINASI

Penyakit yang menyerang ayam ada yang dapat diobati dan ada yang tidak. Yang tidak dapat diobati biasanya ditangkal dengan vaksin. Berikut ini dipaparkan cara melakukan vaksinasi dan usaha lain mencegah serta mengobati penyakit ayam.
A.Program Vaksinasi sebagai Kontrol Kesehatan
Vaksin adalah mikroorganisme yang dilemahkan dan apabila diberikan kepada hewan tidak akan menimbulkan penyakit, melainkan merangsang pembentukan antibodi (zat kebal) yang sesuai dengan jenis vaksinnya. Tujuan vaksinasi adalah membuat ayam mempunyai kekebalan yang tinggi terhadap satu penyakit tertentu.
Vaksin harus dijaga agar tidak menyebar kekelompok ayam yang lain atau menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan pada ayam yang divaksinasi. Keberhasilan suatu vaksinasi ditentukan oleh beberapa vaktor yang saling terkait. Faktor-faktor tersebut adalah tatalaksana, faktor vaksin dan individu.

Faktor tata laksana
Melipti cara, waktu, keterampilan vaksinator dan kondisi lingkungan.
Faktor vaksin
Meliputi kualitas, jenis, dan cara penyimpanan vaksin. Karena vaksin mudah rusak, penyimpananya sebaiknya dilakukan pada suhu 2-8 derajat celsius. Selama pengangkutan harus ditambahkan es kedalam termos tempat vaksin.
Faktor individu
Meliputi kesehatan ayam. karena vaksin merupakan bibit penyakit, dianjurkan vaksinasi dilakukan pada saat ayam sehat kondisinya.

Oleh : Asmunir
Dikutip dari : Buku Teknik Vaksinasi dan Pencegahan Penyakit Ayam, oleh Titik Sudaryani, Penebar swadaya, Jakarta

Tidak ada komentar: